PERANCANGAN SISTEM MONITORING DAN KONTROL SIMULATOR MOBIL LISTRIK PADA PENGGUNAAN ENERGI SECARA OPTIMAL
Abstract
Pengembangan dan penggunaan energi terbarukan makin menjadi hal yang sangat
penting. Apalagi dengan makin mengglobalnya isu emisi CO yang kontra
terhadap pelestarian lingkungan global. Salah satu usaha untuk meminimalisasi
pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh gas emisi kendaraan adalah dengan
menciptakan sebuah kendaraan yang berenergi listrik sehingga tidak
menghasilkan gas emisi yang dapat mengakibatkan polusi lingkungan.
Penggunaan mobil listrik dirasa efektif selain tidak menimbulkan polusi udara dan
konstruksi mesinnya yang lebih sederhana. Dengan itu dibuatlah sebuah simulator
mobil listrik yang terdapat tiga sistem yaitu buck converter untuk proses charge,
switching, dan kontrol kecepatan motor beserta monitoring tegangan, arus, daya
dan RPM dengan kondisi normal dan optimal. Pada proses charge dengan buck
converter memiliki kisaran waktu sekitar 160 menit dengan besaran arus 1,5
ampere dan nilai kesalahan rata-rata 1,46%. Dalam penggunaan energi dengan
kondisi optimal digunakan dengan beban yang berubah-ubah, sehingga jika
terdapat daya yang dihasilkan lebih dari 22 watt, pada beban 10 Kg, maka arus
pada motor adalah sebesar 3,69 ampere sehingga daya diatur menjadi 21,94 watt
dengan mengendalikan RPM maksimal dengan mengurangi tegangan sampai
dengan 5,94 volt dan RPM yang dihasilkan 36,8.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]