• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE INKURI UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA PADA SISWA KLEAS IV SDN GEBANG 03 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Kasmawati.pdf (157.0Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    KASMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pelelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan gaya melalui penerapan metode inkuiri, dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan gaya melalui penerapan metode inkuiri. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03 dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya dengan x menggunakan metode inkuiri tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03, dimulai pada tanggal 21 Mei 2011 sampai 23 Mei 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 47 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema Kemmis dan Taggart dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflektion). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran IPA materi gaya ini efektif karena dapat meningkatkan minat belajar siswa, kemampuan akademik dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes akhir mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 59,57% menjadi 89,36%. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 91,47% menjadi 95,73%. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar di atas, dapat dilihat bahwa dengan metode inkuiri dapat memanimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya dikatakan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas IV SDN Gebang 03, pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 59,57% atau sebanyak 28 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 89,36% atau sebanyak 42 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Adapun saran dari peneliti ini adalah (1) bagi guru: metode pembelajaran dengan metode inkuiri dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan lain dan kelas yang berbeda, guru selaku pendidik hendaknya bersifat inovatif artinya selalu peka terhadap pembaharuan khususnya pembaharuan dalam menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik minat siswa dalam belajar, (2) bagi sekolah: pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri ini membutuhkan persiapan mengajar dan persediaan alat-alat percobaan yang memadai guna mencapai efektivitas hasil pada setiap aktivitas pembelajaran di kelas, untuk itu sebaiknya sekolah menyediakan sarana dan prasarana menunjang proses pembelajaran seperti media pembelajaran, buku-buku penunjang dan peralatan teknologi informasi yang memadai, (3) bagi siswa: siswa hendaknya mampu mengembangkan pengetahuannya dalam pembelajaran IPA dengan inkuiri minimal sesuai dengan kompetensi dasar yang dituntut yaitu memahami gaya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5656
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository