Show simple item record

dc.contributor.authorRif’ati Dina Handayani
dc.date.accessioned2014-03-28T02:09:24Z
dc.date.available2014-03-28T02:09:24Z
dc.date.issued2014-03-28
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56523
dc.descriptionSEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.description.abstractPerkuliahan Teknik Laboratorium selama ini masih menggunakan metode teacher centred learning dari pada student centre learning. Hal ini sering dijumpai dalam setiap pelaksanaan perkuliahan, yaitu kurangnya interaksi antara dosen dengan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itulah perlu dilaksanakan Lesson Study sebagai solusi yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran. Hasil Penelitian akan dibahas secara deskriptif. Pada model ini tim Lesson study melakukan tahapan persiapan pelaksanaan model Lesson study meliputi perencanaan (plan), pelaksanaan dan observasi (do), serta refleksi (see). Dalam penelitian ini aspek penilaian proses yang dinilai meliputi empat aspek, yaitu melaksanakan tugas, bekerjasama, menyampaikan pendapat, dan diskusi. Hasil refleksi dari dosen model dan observer menunjukkan dari empat aspek penilaian terhadap 39 mahasiswa peserta perkuliahan Teknik Laboratorium 1 melaksanakan tugas merupakan aspek terbesar, sedangkan mengutarakan pendapat masih cukup rendah sekitar. Walaupun hasil menyampaikan pendapat cukup rendah akan tetapi secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model Lesson Study cukup efektif untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran Teknik Laboratorium 1.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectLesson study, proses pembelajaran. Teknik Laboratorium 1en_US
dc.titleLESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK LABORATORIUM 1en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record