LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK LABORATORIUM 1
Abstract
Perkuliahan Teknik Laboratorium selama ini masih menggunakan metode
teacher centred learning dari pada student centre learning. Hal ini sering dijumpai dalam
setiap pelaksanaan perkuliahan, yaitu kurangnya interaksi antara dosen dengan mahasiswa
dalam proses pembelajaran. Oleh karena itulah perlu dilaksanakan Lesson Study sebagai
solusi yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan dalam proses pembelajaran.
Hasil Penelitian akan dibahas secara deskriptif. Pada model ini tim Lesson study melakukan
tahapan persiapan pelaksanaan model Lesson study meliputi perencanaan (plan),
pelaksanaan dan observasi (do), serta refleksi (see). Dalam penelitian ini aspek penilaian
proses yang dinilai meliputi empat aspek, yaitu melaksanakan tugas, bekerjasama,
menyampaikan pendapat, dan diskusi. Hasil refleksi dari dosen model dan observer
menunjukkan dari empat aspek penilaian terhadap 39 mahasiswa peserta perkuliahan
Teknik Laboratorium 1 melaksanakan tugas merupakan aspek terbesar, sedangkan
mengutarakan pendapat masih cukup rendah sekitar. Walaupun hasil menyampaikan
pendapat cukup rendah akan tetapi secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model
Lesson Study cukup efektif untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran Teknik
Laboratorium 1.