Show simple item record

dc.contributor.authorFajar Lailatul Mi’rojiyah
dc.date.accessioned2014-03-28T01:07:23Z
dc.date.available2014-03-28T01:07:23Z
dc.date.issued2014-03-28
dc.identifier.nimNIM090210102038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56507
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan multimedia CD interaktif terhadap hasil belajar fisika di SMA dan mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan multimedia CD interaktif terhadap aktivitas belajar fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan pretest post-test control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t yaitu menggunakan independent sample t test dengan bantuan SPSS 12. Untuk menjawab tujuan penelitian pertama yaitu dengan cara membandingkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol menggunakan Uji T-tes, sebelum dilakukan uji T-tes terlebih dahulu dilakukan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis uji T-tes dengan SPSS diperoleh Sig = 0,00 dengan α = 0,05 artinya Sig < α sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti jika peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan multimedia CD interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA. Menjawab tujuan kedua yaitu hasil analisis aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol yaitu sebesar 42,10% siswa memperhatikan penjelasan materi dari guru, 63,15% siswa mencatat penjelasan guru di buku catatan, 31,57% siswa melakukan tanya jawab pada guru, 73,68% siswa mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Sedangkan hasil analisis aktivitas belajar pada kelas eksperimen sebesar 92,97% siswa memperhatikan penjelasan materi dari guru melalui multimedia CD interaktif, 94,73% siswa berdiskusi materi subtopik dalam investigasi kelompok, 100% siswa melakukan presentasi dari hasil laporan, 84,20% siswa memberi respon terhadap presentasi terhadap kelompok lain yang mempresentasikan hasil subtopik dalam investigasi kelompok. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan multimedia CD interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan multimedia CD interaktif dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika pokok bahasan gerak lurus kelas X di SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102038;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif, Multimedia CD Interaktifen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Multimedia CD Interaktif pada Pembelajaran Fisika di SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record