Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Multimedia CD Interaktif pada Pembelajaran Fisika di SMA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan multimedia CD interaktif
terhadap hasil belajar fisika di SMA dan mengkaji penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe group investigation dengan multimedia CD interaktif terhadap
aktivitas belajar fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen,
dengan tempat penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Penentuan sampel
penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan pretest
post-test control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t
yaitu menggunakan independent sample t test dengan bantuan SPSS 12.
Untuk menjawab tujuan penelitian pertama yaitu dengan cara
membandingkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan kelas
kontrol menggunakan Uji T-tes, sebelum dilakukan uji T-tes terlebih dahulu
dilakukan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis uji T-tes dengan SPSS diperoleh
Sig = 0,00 dengan α = 0,05 artinya Sig < α sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang
berarti jika peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas
kontrol, maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
dengan multimedia CD interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam
pembelajaran fisika di SMA.
Menjawab tujuan kedua yaitu hasil analisis aktivitas belajar siswa pada kelas
kontrol yaitu sebesar 42,10% siswa memperhatikan penjelasan materi dari guru,
63,15% siswa mencatat penjelasan guru di buku catatan, 31,57% siswa melakukan
tanya jawab pada guru, 73,68% siswa mengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
Sedangkan hasil analisis aktivitas belajar pada kelas eksperimen sebesar 92,97%
siswa memperhatikan penjelasan materi dari guru melalui multimedia CD interaktif,
94,73% siswa berdiskusi materi subtopik dalam investigasi kelompok, 100% siswa
melakukan presentasi dari hasil laporan, 84,20% siswa memberi respon terhadap
presentasi terhadap kelompok lain yang mempresentasikan hasil subtopik dalam
investigasi kelompok.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan
multimedia CD interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam
pembelajaran fisika di SMA dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group
investigation dengan multimedia CD interaktif dapat meningkatkan aktivitas siswa
dalam pembelajaran fisika pokok bahasan gerak lurus kelas X di SMA.