• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN KOMIK POP UP DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

    Thumbnail
    View/Open
    Wida Zannah Zeila - 090210101031_1.pdf (349.2Kb)
    Date
    2014-03-28
    Author
    WIDA ZANNAH ZEILA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengambilan data dimulai tanggal 23 sampai 24 September 2013. Data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode validasi perangkat pembelajaran, tes, wawancara, observasi, dan pengisian angket. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh validator untuk mengetahui koefisien validitasnya. Aktifitas guru pada pembelajaran dianalisis untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran. Angket respon siswa, observasi aktifitas siswa, dan nilai THB dianalisis untuk mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran. Koefisien validitas untuk rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, lembar kerja sisws, tes hasil belajar, dan komik pop up secara berurutan adalah 0,77; 0,81; 0,83; 0,81; 0,80. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika berbantuan komik pop up dengan model PBI telah valid. Analisis data pengamatan aktifitas guru pada pertemuan pertama dan kedua mencapai 86,7% dan 3,37%. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika berbantuan komik pop up dengan model PBI telah praktis. Analisis aktifitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua adalah 89,2% dan 92,2%. Analisis hasil nilai ujian siswa pada THB, persentase siswa yang mendapat nilai ≥ 60 adalah sebesar 100% atau sebanyak 32 siswa. Analisis data rata-rata respon siswa 81,9% merespon positif. Dari hasil aktifitas siswa, nilai ujian siswa pada THB, dan respon siswatersebut dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan kriteria pengembangan perangkat yang telah ditentukan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, maka pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBI berbantuan komik pop up pada sub pokok abahsan kubus dan balok dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56496
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository