dc.description.abstract | Matematika adalah ilmu pengetahuan tentang bilangan penalaran logis, faktafakta
kuantitatif, dan masalah tentang ruang dan bentuk (Soedjadi, 2000: 11). Bagi
sebagian besar siswa matematika masih dianggap mata pelajaran yang sulit untuk
dikuasai sehingga matematika menjadi mata pelajaran yang kurang disenangi. Hal ini
sangat memungkinkan bagi siswa untuk melakukan kesalahan dalam menyelesaikan
soal pecahan. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan model pembelajaran yang sangat
efisien yang dapat mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan.
Penerapan kooperatif dengan Mind Mapping diharapkan berguna dalam melakukan
upaya perbaikan dan penyempurnaan kegiatan pembelajaran matematika untuk
mengurangi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pecahan.
Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan tehnik
Mind Mapping dengan tujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
kooperatif dengan tehnik Mind Mapping untuk mengatasi kesalahan siswa
menyelesaikan soal pecahan, (2) mengkaji kecenderungan kesalahan yang dilakukan
siswa kelas VII untuk menyelesaikan soal pecahan (3) mengkaji keefektifan
pembelajaran kooperatif dengan tehnik Mind Mapping untuk mengatasi kesalahan
siswa menyelesaikan soal pecahan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIA
SMP Negeri 14 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan satu kali tes di
akhir siklus. Siklus I dilaksanakan tanggal 28 Agustus 2013 dan 3 September 2013.
Siklus II dilaksanakan pada tanggal 4 September 2013 dan 10 September 2013. | en_US |