• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEHNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 14 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Rini Ayuning Tyas - 080210191053_1.pdf (597.5Kb)
    Date
    2014-03-28
    Author
    RINI AYUNING TYAS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika adalah ilmu pengetahuan tentang bilangan penalaran logis, faktafakta kuantitatif, dan masalah tentang ruang dan bentuk (Soedjadi, 2000: 11). Bagi sebagian besar siswa matematika masih dianggap mata pelajaran yang sulit untuk dikuasai sehingga matematika menjadi mata pelajaran yang kurang disenangi. Hal ini sangat memungkinkan bagi siswa untuk melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pecahan. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan model pembelajaran yang sangat efisien yang dapat mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan. Penerapan kooperatif dengan Mind Mapping diharapkan berguna dalam melakukan upaya perbaikan dan penyempurnaan kegiatan pembelajaran matematika untuk mengurangi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pecahan. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan tehnik Mind Mapping dengan tujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tehnik Mind Mapping untuk mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal pecahan, (2) mengkaji kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII untuk menyelesaikan soal pecahan (3) mengkaji keefektifan pembelajaran kooperatif dengan tehnik Mind Mapping untuk mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal pecahan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIA SMP Negeri 14 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan satu kali tes di akhir siklus. Siklus I dilaksanakan tanggal 28 Agustus 2013 dan 3 September 2013. Siklus II dilaksanakan pada tanggal 4 September 2013 dan 10 September 2013.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56491
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository