dc.description.abstract | Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Ajung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, tes,
dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing
siklus terdiri dari dua pertemuan. Siklus I dilaksanakan tanggal 1 Oktober 2013 dan 3
Oktober 2013. Siklus II dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2013 dan 10 Oktober
2013.
Hasil analisis aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II dapat dilihat pada
Tabel 1 berikut:
Tabel 1 Persentase rata-rata aktivitas siswa
No. Siklus
Aktivitas Siswa
Mencatat/
menulis
Mencari
Pasangan Diskusi Presentasi Rata-rata
Aktivitas
1. I 69,29 100 72,80 71.05 78,07
2. II 77,19 100 83,33 85,08 86,40
Hasil analisis aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus I ke
siklus II. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 85,60%. Pada siklus
II persentase rata-rata aktivitas guru 93,05%.
Hasil analisis ketuntasan klasikal siklus I dan siklus II diperoleh hasil bahwa
ketuntasan klasikal siswa mengalami penurunan sebanyak 2,63%. Pada siklus I
diperoleh ketuntasan klasikal siswa sebesar 81,57% dan pada siklus II sebesar
78,94%. Penurunan ini disebabkan karena siswa terbiasa menyamakan penyebut saat
mengerjakan soal perkalian pecahan bentuk aljabar. Sehingga menyebabkan nilai
siswa menjadi rendah. | en_US |