• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK PECAHAN ALJABAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 AJUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Dendies Firdia Septaningtyas - 080210191045_1.pdf (854.7Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    DENDIES FIRDIA SEPTANINGTYAS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Ajung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Siklus I dilaksanakan tanggal 1 Oktober 2013 dan 3 Oktober 2013. Siklus II dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2013 dan 10 Oktober 2013. Hasil analisis aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II dapat dilihat pada Tabel 1 berikut: Tabel 1 Persentase rata-rata aktivitas siswa No. Siklus Aktivitas Siswa Mencatat/ menulis Mencari Pasangan Diskusi Presentasi Rata-rata Aktivitas 1. I 69,29 100 72,80 71.05 78,07 2. II 77,19 100 83,33 85,08 86,40 Hasil analisis aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 85,60%. Pada siklus II persentase rata-rata aktivitas guru 93,05%. Hasil analisis ketuntasan klasikal siklus I dan siklus II diperoleh hasil bahwa ketuntasan klasikal siswa mengalami penurunan sebanyak 2,63%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal siswa sebesar 81,57% dan pada siklus II sebesar 78,94%. Penurunan ini disebabkan karena siswa terbiasa menyamakan penyebut saat mengerjakan soal perkalian pecahan bentuk aljabar. Sehingga menyebabkan nilai siswa menjadi rendah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56469
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository