PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN TEKNIK OPEN ENDED PROBLEM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Dari analisis data hasil penelitian untuk kelas eksperimen yaitu kelas dengan
pembelajaran model kooperatif tipe group investigation dengan teknik open ended
problem diperoleh efektivitas hasil belajar sebesar 78,39% yang termasuk kriteria
efektivitas pembelajaran yang sangat efektif. Hasil uji t efektivitas hasil belajar antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (1-tailed) sebesar 0.0005 atau
<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti model pembelajaran kooperatif
tipe group investigation dengan teknik open ended problem berpengaruh signifikan
terhadap efektivitas hasil belajar fisika siswa di SMA. Hasil presentase rata-rata
aktivitas belajar siswa sebesar 74.76% yang termasuk kriteria aktif.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa; (1)
efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik
open ended problem yaitu 78,39% yang termasuk dalam kriteria sangat efektif, (2)
model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan teknik open ended
problem berpengaruh signifikan terhadap efektivitas hasil belajar fisika siswa di
SMA, (3) aktivitas siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran model kooperatif
tipe group investigation dengan teknik open ended problem yaitu 74.76% yang
termasuk kriteria aktif.