Show simple item record

dc.contributor.authorIRMA EKAWATI
dc.date.accessioned2014-03-27T02:16:14Z
dc.date.available2014-03-27T02:16:14Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.nimNIM080210192067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56455
dc.description.abstractHasil analisis data dan observasi dari pra siklus hingga siklus 3 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode demonstrasi telah berhasil meningkatkan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, grafik dan hasil belajar fisika siswa di kelas VII-A SMP Negeri 14 Jember. Kemampuan rata-rata representasi verbal meningkat dari 13,95 pada pra siklus menjadi 18,82 pada siklus 1; 20,13 pada siklus 2 dan 20,92 pada siklus 3. Peningkatan pada siklus 1 mencapai nilai N-gain sebesar 0,44; siklus 2 N-gain sebesar 0,56 dan siklus 3 N-gain sebesar 0,63. Nilai N-gain yang diperoleh dari siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang. Kemampuan skor rata-rata representasi matematik meningkat dari 13,22 pada pra siklus menjadi 15,72 pada siklus 1; 17,30 pada siklus 2 dan 17,43 pada siklus 3. Peningkatan pada siklus 1 mencapai nilai N-gain sebesar 0,21; siklus 2 N-gain sebesar 0,35 dan siklus 3 N-gain sebesar 0,36. Nilai N-gain yang diperoleh dari siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang. Kemampuan rata-rata representasi gambar meningkat dari 12,70 pada pra siklus menjadi 16,45 pada siklus 1; 18,55 pada siklus 2 dan 18,75 pada siklus 3. Peningkatan pada siklus 1 mencapai nilai N-gain sebesar 0,31; siklus 2 N-gain sebesar 0,48 dan siklus 3 N-gain sebesar 0,49. Nilai N-gain yang diperoleh dari siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang. Kemampuan rata-rata representasi grafik meningkat dari 10,59 pada pra siklus menjadi 13,82 pada siklus 1; 14,93 pada siklus 2 dan 15,66 pada siklus 3. Peningkatan pada siklus 1 mencapai nilai N-gain sebesar 0,34; siklus 2 N-gain sebesar 0,30 dan siklus 3 N-gain sebesar 0,35. Nilai N-gain yang diperoleh dari siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang. Adapun peningkatan hasil belajar fisika siswa pada siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,34 pada siklus 1; 0,47 pada siklus 2 dan 0,47 pada siklus 3. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan kemampuan multirepresentasi dan hasil belajar siswa pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Dari hasil di atas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192067;
dc.subjectTipe Think Pair Share, Metode Demonstrasi, Multirepresentasien_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI FISIKA SISWA KELAS VII-A SMPN 14 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record