• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI FISIKA SISWA KELAS VII-A SMPN 14 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Irma Ekawati - 080210192067_1.pdf (552.6Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    IRMA EKAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis data dan observasi dari pra siklus hingga siklus 3 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode demonstrasi telah berhasil meningkatkan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, grafik dan hasil belajar fisika siswa di kelas VII-A SMP Negeri 14 Jember. Kemampuan rata-rata representasi verbal meningkat dari 13,95 pada pra siklus menjadi 18,82 pada siklus 1; 20,13 pada siklus 2 dan 20,92 pada siklus 3. Peningkatan pada siklus 1 mencapai nilai N-gain sebesar 0,44; siklus 2 N-gain sebesar 0,56 dan siklus 3 N-gain sebesar 0,63. Nilai N-gain yang diperoleh dari siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang. Kemampuan skor rata-rata representasi matematik meningkat dari 13,22 pada pra siklus menjadi 15,72 pada siklus 1; 17,30 pada siklus 2 dan 17,43 pada siklus 3. Peningkatan pada siklus 1 mencapai nilai N-gain sebesar 0,21; siklus 2 N-gain sebesar 0,35 dan siklus 3 N-gain sebesar 0,36. Nilai N-gain yang diperoleh dari siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang. Kemampuan rata-rata representasi gambar meningkat dari 12,70 pada pra siklus menjadi 16,45 pada siklus 1; 18,55 pada siklus 2 dan 18,75 pada siklus 3. Peningkatan pada siklus 1 mencapai nilai N-gain sebesar 0,31; siklus 2 N-gain sebesar 0,48 dan siklus 3 N-gain sebesar 0,49. Nilai N-gain yang diperoleh dari siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang. Kemampuan rata-rata representasi grafik meningkat dari 10,59 pada pra siklus menjadi 13,82 pada siklus 1; 14,93 pada siklus 2 dan 15,66 pada siklus 3. Peningkatan pada siklus 1 mencapai nilai N-gain sebesar 0,34; siklus 2 N-gain sebesar 0,30 dan siklus 3 N-gain sebesar 0,35. Nilai N-gain yang diperoleh dari siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang. Adapun peningkatan hasil belajar fisika siswa pada siklus 1 sampai siklus 3 tergolong pada kriteria sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,34 pada siklus 1; 0,47 pada siklus 2 dan 0,47 pada siklus 3. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan kemampuan multirepresentasi dan hasil belajar siswa pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Dari hasil di atas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56455
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository