dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan adanya rata-rata peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran SQ3R
(Survey-Question-Read Recite-Review) dengan metode diskusi pada siswa kelas VIIB
semester Genap 2012-2013 di SMP Negeri 7 Bondowoso. Aktivitas selama proses
pembelajaran yang diamati mencakup empat aspek yaitu mendengarkan penjelasan
guru, membaca, berdiskusi, dan mencatat. Hasil rata-rata aktivitas yang diperoleh
pada siklus I untuk aktivitas mendengarkan penjelasan dari guru 60,42% sedangkan
siklus II menjadi yaitu 69,10%, sehingga mengalami kenaikan sebesar 8,68% dari
siklus I ke siklus II. Aktivitas membaca pada siklus I yaitu 59,03% mengalami
kenaikan sebanyak 10,76% sehingga pada siklus II menjadi 69,79%. Aktivitas
berdiskusi pada siklus I sebesar 59,72% dan siklus II 70,84% sehingga mengalami
kenaikan sebanyak 11,12%. Aktivitas mencatat siklus I sebesar 62,50% dan pada
siklus II menjadi 75,68% atau mengalami kenaikan sebesar 13,18%. Adapun untuk
hasil belajar siswa aspek yang dinilai adalah aspek kognitif dari siklus I sampai
dengan siklus II dengan persentase ketuntasan siklus I sebesar 52,78% dan pada
siklus II menjadi 75% dengan besar peningkatan sebanyak 22,22%. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar dalam penerapan Model
Pembelajaran SQ3R (Survey-Question-Read Recite-Review) dengan metode diskusi
pada siswa kelas VIIB semester Genap 2012-2013 di SMP Negeri 7 Bondowoso.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran SQ3R
(Survey-Question-Read Recite-Review) dengan metode diskusi pada siswa kelas VIIB
semester Genap 2012-2013 di SMP Negeri 7 Bondowoso dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang
telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |