STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA MENJAGA LOYALITAS BAGI PELANGGAN INTERNET SERVICE PROVIDER (Studi Kasus pada PT. Telkomsel Tbk. Cabang Lumajang)
Abstract
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil gambaran
mengenai strategi promosi PT. Telkomsel Tbk. Cabang Lumajang. Adapun beberapa
strategi promosi yang dilakukan PT. Telkomsel Tbk. Cabang Lumajang adalah
melalui periklanan dan promosi penjualan yang selalu menjadi andalan dari PT.
Telkomsel Tbk. Cabang Lumajang.
Periklanan merupakan salah satu cara promosi yang dilakukan oleh
perusahaan dalam rangka memperkenalkan produknya dalam media tertentu. Dalam
hal ini PT. Telkomsel Tbk. Cabang Lumajang menggunakan periklanan dengan
maksud agar konsumen yang belum mengenal PT. Telkomsel Tbk. Cabang Lumajang
menjadi tahu akan adanya produk dan jasa-jasa Telkomsel. PT. Telkomsel Tbk.
Cabang Lumajang menggunakan dua cara melakukan periklanan yaitu Above the line
(Koran Lokal, berkeliling, di Radio atau sponsor dalam sebuah acara tertentu) dan
Below the line (pamflet serta brosur yang di sediakan di galeri-galeri Telkomsel juga
papan reklame dipasang di ujung jalan, persimpangan atau di jalan raya). Kemudian
melakukan promosi penjualan dengan cara mengadakan event - event yang
mengikutsertakan pelanggannya seperti event workshop, acara live music di kafekafe,
juga out bond, bakti sosial, jalan sehat, dan event-event lain yang mendukung
promosi penjualan. Terselenggaranya promosi penjualan ini erat kaitannya dengan
adanya CSR (Corporate Social Responsibility).
Dengan adanya suatu strategi promosi yang baik dapat menggugah minat dari
masyarakat yang dibuktikan dengan pelayanan, csr, produk, dan cara-cara promosi
yang baik pula. Disamping itu, pengenalan Telkomsel melalui promosi juga
diutamakan, karena dengan promosi masyarakat akan bisa tahu dan pastinya memilih
Telkomsel sebagai citra positif di dalam hati pelanggan. Hal ini membuat PT.
Telkomsel menjadi andalan dan selalu mendapatkan hati di benak pelanggannya.