PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PRODUK DAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI KENDARAAN BERMOTOR HONDA BEAT
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian
menggunakan metode purposive. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan
metode proporsional random sampling sebanyak 76 orang. Metode pengumpulan
data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, garis regresi
linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas produk dan desain
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli
kendaraan bermotor Honda Beat. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan
menggunakan uji F menghasilkan Fhitung Fhitung = 138,944 > Ftabel = 3,122 dengan
tingkat taraf signifikan α = 0.05 > 0.000 dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar
79,2 %. sedangkan sisanya yaitu 20,8% dipengaruhi variabel bebas lain yang tidak
diteliti yaitu harga, selera konsumen, dan tingkat kebutuhan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa persepsi kualitas
produk dan desain memberikan kontribusi yang positif terhadap keputusan konsumen
dalam membeli kendaraan bermotor Honda Beat. Hal ini dikarenakan persepsi
kualitas produk dan desain merupakan hal utama yang diperhatikan oleh konsumen
dalam membeli kendaraan bermotor Honda Beat. Konsumen akan cepat mengambil
keputusan dalam melakukan pembelian terhahadap kendaraan bermotor Honda Beat
jika konsumen memiliki persepsi terhadap kualitas produk dan desain yang baik.