PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS VII SMP AL-IRSYAD KABUPATEN BANYUWANGI MELALUI PENERAPAN TEKNIK PARAFRASA BERBANTUAN MEDIA LIRIK LAGU
Abstract
Proses penerapan teknik parafrasa berbantuan media lirik lagu yaitu: (a) guru
menjelaskan langkah-langkah menulis paragraf deskripsi; (b) guru menjelaskan
langkah-langkah memparafrasakan lirik lagu; (c) siswa memparafrasakan lirik lagu
sambil mendengarkan lagu; (d) siswa menyusun gagasan pokok; (e) siswa menyusun
kerangka karangan; (f) siswa menyusun karangan deskripsi. Tahap-tahap tersebut
dapat berjalan lancar dan menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Peningkatannya yaitu (a) kemampuan rata-rata siswa meningkat dari siklus I yaitu
63.2 menjadi 76 di siklus II; (b) hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar
41.67% atau sebanyak 10 siswa yang mencapai KKM menjadi 79.17% atau sebanyak
19 siswa pada siklus II. Saran dalam penelitian ini yakni (a) bagi siswa, disarankan
lebih giat berlatih menulis terutama memanfaatkan lagu-lagu kegemarannya sebagai
media; (b) bagi guru, kegiatan pembelajaran di kelas hendaknya bervariasi. Hal ini
ditujukan agar siswa tidak bosan ketika kegiatan belajar-mengajar berlangsung.
Salah satu materi belajar pelajaran bahasa Indonesia adalah menulis karangan
deskriptif. Guru dapat menggunakan teknik parafrasa berbantuan media lirik lagu
pada materi menulis karangan deskriptif. Hal ini ditujukan agar siswa tidak merasa
bosan dengan pembelajaran yang monoton sehingga teknik ini dapat digunakan oleh
guru, agar siswa lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; (c) untuk
peneliti lain disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan acuhan dalam
mengadakan penelitian yang sejenis pada materi yang berbeda sehingga bisa menjadi
bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.