• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS VII SMP AL-IRSYAD KABUPATEN BANYUWANGI MELALUI PENERAPAN TEKNIK PARAFRASA BERBANTUAN MEDIA LIRIK LAGU

    Thumbnail
    View/Open
    Ike Wijayanti - 090210402101_1.pdf (59.01Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Ike Wijayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses penerapan teknik parafrasa berbantuan media lirik lagu yaitu: (a) guru menjelaskan langkah-langkah menulis paragraf deskripsi; (b) guru menjelaskan langkah-langkah memparafrasakan lirik lagu; (c) siswa memparafrasakan lirik lagu sambil mendengarkan lagu; (d) siswa menyusun gagasan pokok; (e) siswa menyusun kerangka karangan; (f) siswa menyusun karangan deskripsi. Tahap-tahap tersebut dapat berjalan lancar dan menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatannya yaitu (a) kemampuan rata-rata siswa meningkat dari siklus I yaitu 63.2 menjadi 76 di siklus II; (b) hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 41.67% atau sebanyak 10 siswa yang mencapai KKM menjadi 79.17% atau sebanyak 19 siswa pada siklus II. Saran dalam penelitian ini yakni (a) bagi siswa, disarankan lebih giat berlatih menulis terutama memanfaatkan lagu-lagu kegemarannya sebagai media; (b) bagi guru, kegiatan pembelajaran di kelas hendaknya bervariasi. Hal ini ditujukan agar siswa tidak bosan ketika kegiatan belajar-mengajar berlangsung. Salah satu materi belajar pelajaran bahasa Indonesia adalah menulis karangan deskriptif. Guru dapat menggunakan teknik parafrasa berbantuan media lirik lagu pada materi menulis karangan deskriptif. Hal ini ditujukan agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton sehingga teknik ini dapat digunakan oleh guru, agar siswa lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; (c) untuk peneliti lain disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan acuhan dalam mengadakan penelitian yang sejenis pada materi yang berbeda sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56367
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository