Show simple item record

dc.contributor.authorJUMIANTI
dc.date.accessioned2013-12-06T06:09:10Z
dc.date.available2013-12-06T06:09:10Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5635
dc.description.abstractPenelitian ini rumusan maslahnya adalah Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan metode diskusi dan media gambar pada siswa kelas III SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan jenisjenis pekerjaan dengan menggunakan metode diskusi dan media gambar pada siswa kelas III SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dengan menggunaka metode diskusi dan media gambar pada siswa kelas III SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03 Jember dimulai pada tanggal 23 April sampai tanggal 2 Mei 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 51 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema Hopkins (dalam Sunardin, 2010:105) dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan , dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Peningkatan motivasi diatas, dapat dilihat bahwa dengan media gambar dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran. Motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 68% menjadi 81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dikatakan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas III SDN Gebang 03 Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 68% atau sebanyak 42 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 81% atau sebanyak 49 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti lain metode pembelajaran dengan media gambar dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204036;
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajar IPS, Metode Diskusi dan Media Gambaren_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN GEBANG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record