• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN GEBANG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Jumianti.pdf (230.5Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    JUMIANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini rumusan maslahnya adalah Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan metode diskusi dan media gambar pada siswa kelas III SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011 dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan jenisjenis pekerjaan dengan menggunakan metode diskusi dan media gambar pada siswa kelas III SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dengan menggunaka metode diskusi dan media gambar pada siswa kelas III SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03 Jember dimulai pada tanggal 23 April sampai tanggal 2 Mei 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 51 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema Hopkins (dalam Sunardin, 2010:105) dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan , dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Peningkatan motivasi diatas, dapat dilihat bahwa dengan media gambar dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran. Motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 68% menjadi 81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dikatakan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas III SDN Gebang 03 Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 68% atau sebanyak 42 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 81% atau sebanyak 49 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti lain metode pembelajaran dengan media gambar dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5635
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository