PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA RELISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN JARAK, WAKTU DAN KECEPATAN SISWA KELAS VB SDN TEGALGEDE 01 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran matematika realistik pokok bahasan jarak, waktu dan kecepatan
mangalami peningkatan. Presentase aktivitas siswa sebesar 64% pada siklus I dan
81,6% pada siklus II, yang berarti mengalami peningkatan sebesar 17,6%.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan hasil belajar siswa selama
pembelajaran matematika realistik pokok bahasan jarak, waktu dan kecepatan
mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I
sebesar 68,7% dan pada siklus II sebesar 90,6% sehingga mengalami peningkatan
sebesar 21,9%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran matematika
realistik pokok bahasan jarak, waktu dan kecepatan dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas VB SDN Tegalgede 01 Jember. Saran dari peneliti adalah
dalam menerapkan pembelajaran matematika realistik, hendaknya dapat membimbing
siswa dalam menemukan konsep sendiri melalui eksplorasi masalah-masalah dunia
nyata, sehingga dalam pembelajaran siswa tidak hanya mencontoh apa yang diberikan
guru. Dalam mematikakan masalah-masalah dunia nyata yang lebih rumit, untuk
membantu pemahaman siswa bisa dengan menggunakan media gambar. Siswa
memahami soal cerita sambil menuangkan pemahamanya pada gambar, sehingga
siswa akan lebih kreatif dan akti dalam menuangkan ide dan penalarannya.
.