• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA RELISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN JARAK, WAKTU DAN KECEPATAN SISWA KELAS VB SDN TEGALGEDE 01 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    WAHYU EKO PERMADI - 100210204099_1.pdf (462.5Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Wahyu Eko Permadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran matematika realistik pokok bahasan jarak, waktu dan kecepatan mangalami peningkatan. Presentase aktivitas siswa sebesar 64% pada siklus I dan 81,6% pada siklus II, yang berarti mengalami peningkatan sebesar 17,6%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan hasil belajar siswa selama pembelajaran matematika realistik pokok bahasan jarak, waktu dan kecepatan mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,7% dan pada siklus II sebesar 90,6% sehingga mengalami peningkatan sebesar 21,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran matematika realistik pokok bahasan jarak, waktu dan kecepatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Tegalgede 01 Jember. Saran dari peneliti adalah dalam menerapkan pembelajaran matematika realistik, hendaknya dapat membimbing siswa dalam menemukan konsep sendiri melalui eksplorasi masalah-masalah dunia nyata, sehingga dalam pembelajaran siswa tidak hanya mencontoh apa yang diberikan guru. Dalam mematikakan masalah-masalah dunia nyata yang lebih rumit, untuk membantu pemahaman siswa bisa dengan menggunakan media gambar. Siswa memahami soal cerita sambil menuangkan pemahamanya pada gambar, sehingga siswa akan lebih kreatif dan akti dalam menuangkan ide dan penalarannya. .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56359
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository