dc.description.abstract | Subjek penelitian yang dipilih yaitu seluruh siswa siswa kelas IIA SDN
Sumbersari 01 Jember Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 37 siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur
penelitian yang digunakan adalah model siklus Hopskin yaitu penelitian tindakan
kelas dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase yang meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel yang ada dalam penelitian yaitu metode
simulasi dengan media gambar, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Data
diperoleh dari siswa dan guru kelas IIA SDN Sumbersari 01 Jember. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode simulasi dengan media gambar di kelas IIA SDN Sumbersari 01
Jember secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar. Metode pembelajaran
simulasi dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari perbandingan aktivitas
belajar siswa antara prasiklus, siklus I, dan siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa
pada prasiklus sebesar 45%, siklus I sebesar 77,90% dan siklus II mencapai 80,40%.
Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 2,50%. Hasil belajar siswa
juga mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 24,32%, yaitu dari
54,05% menjadi 78,37%, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar
5,41%, yaitu dari 78,37% menjadi 83,78%. | en_US |