• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TEMA SIKAP DEMOKRATIS MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI DENGAN MEDIA GAMBAR DI SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Veny Rosita Febriratna - 100210204039_1.pdf (206.6Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Veny Rosita Febriratna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subjek penelitian yang dipilih yaitu seluruh siswa siswa kelas IIA SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 37 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian yang digunakan adalah model siklus Hopskin yaitu penelitian tindakan kelas dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel yang ada dalam penelitian yaitu metode simulasi dengan media gambar, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas IIA SDN Sumbersari 01 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode simulasi dengan media gambar di kelas IIA SDN Sumbersari 01 Jember secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar. Metode pembelajaran simulasi dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari perbandingan aktivitas belajar siswa antara prasiklus, siklus I, dan siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa pada prasiklus sebesar 45%, siklus I sebesar 77,90% dan siklus II mencapai 80,40%. Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 2,50%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 24,32%, yaitu dari 54,05% menjadi 78,37%, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,41%, yaitu dari 78,37% menjadi 83,78%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56358
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository