dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan pada 24 September 2013 sampai 11 Februari 2014.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan
penelitian yang digunakan yaitu model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari
empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kebonagung 01 Jember sebanyak 42 siswa.
Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, metode tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif.
Pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV terlaksana sesuai dengan rencana yang
telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data, persentase aktivitas belajar siswa
secara klasikal mengalami peningkatan dari sebelum pelaksanaan siklus sebesar
38,1% meningkat sebesar 35,1% menjadi 73,2% pada siklus 1. Sedangkan setelah
pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 17% dari siklus 1 yang hanya
mencapai 73,2% meningkat menjadi 90,2%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada
siklus 1 mengalami peningkatan, dari 47,6% meningkat sebesar 20,7% menjadi
68,3%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 2 meningkat sebesar
17,1% dari siklus 1 yang hanya mencapai 68,3% meningkat menjadi 85,3%.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran IPS pokok
bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan Sumber Daya Alam dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kebonagung 01
Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas IV
SDN Kebonagung 01. | en_US |