Show simple item record

dc.contributor.authorFatka Nurohma Dina Sari
dc.date.accessioned2014-03-26T01:27:07Z
dc.date.available2014-03-26T01:27:07Z
dc.date.issued2014-03-26
dc.identifier.nimNIM100210204095
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56348
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan pada 24 September 2013 sampai 11 Februari 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan yaitu model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kebonagung 01 Jember sebanyak 42 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data, persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari sebelum pelaksanaan siklus sebesar 38,1% meningkat sebesar 35,1% menjadi 73,2% pada siklus 1. Sedangkan setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 17% dari siklus 1 yang hanya mencapai 73,2% meningkat menjadi 90,2%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan, dari 47,6% meningkat sebesar 20,7% menjadi 68,3%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 2 meningkat sebesar 17,1% dari siklus 1 yang hanya mencapai 68,3% meningkat menjadi 85,3%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan Sumber Daya Alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kebonagung 01 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas IV SDN Kebonagung 01.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204095;
dc.subjectNumbered Heads Together (NHT), Pembelajaran IPS, Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SDA DI SDN KEBONAGUNG 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record