• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SDA DI SDN KEBONAGUNG 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Fatka Nurohma Dina Sari - 100210204095_1.pdf (349.2Kb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Fatka Nurohma Dina Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan pada 24 September 2013 sampai 11 Februari 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan yaitu model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kebonagung 01 Jember sebanyak 42 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data, persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari sebelum pelaksanaan siklus sebesar 38,1% meningkat sebesar 35,1% menjadi 73,2% pada siklus 1. Sedangkan setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 17% dari siklus 1 yang hanya mencapai 73,2% meningkat menjadi 90,2%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 mengalami peningkatan, dari 47,6% meningkat sebesar 20,7% menjadi 68,3%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 2 meningkat sebesar 17,1% dari siklus 1 yang hanya mencapai 68,3% meningkat menjadi 85,3%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan Sumber Daya Alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kebonagung 01 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas IV SDN Kebonagung 01.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56348
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository