IMPLEMENTASI E-COMMERCE BERBASIS MEDIA JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA NEW STAR CINEPLEX CABANG JEMBER
Abstract
Semakin berkembangnya penggunaan internet dewasa ini berimplikasi pada aktivitas e-commerce yang juga senantiasa berkembang, hal ini telah dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, salah satunya yaitu pemanfaatan media jejaring sosial yang ada pada internet sebagai media promosi perusahaan. Seperti halnya yang dilakukan oleh NewStar Cineplex Jember yang memanfaatkan e-commerce yang berbasis media jejaring sosial Facebook sebagai media promosi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi e-commerce berbasis media jejaring sosial Facebook sebagai media promosi pada NewStar Cineplex Jember.
Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan paradigma kualitatif, metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam melalui wawancara beberapa pihak terkait yang dijadikan sebagai informan dengan menggunakan metode snowball sampling.
Dalam penelitian ini memperoleh hasil bahwa e-Commerce yang berbasis media jejaring sosial Facebook yang dijadikan sebagai media promosi dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, menentukan tujuan dalam melakukan kegiatan promosi, pertimbangan anggaran dengan efisiensi, keputusan informasi/pesan yang ingin disampaikan, dan yang terakhir yaitu penetapan media dengan didasarkan praktek dasar promosi yang berupa modifikasi tingkah laku, memberitahu, membujuk, dan mengingatkan, kemudian hal terakhir yang dilakukan yaitu mengevaluasi kegiatan e-Commerce sebagai media promosi tersebut.