PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) JEMBER BRANCH OFFICE
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe deskriptif kualitatif. Penelitian
deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu kondisi, atau
system pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuannya adalah untuk
deskripsi, gambaran atau lukisan sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat,
serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Peneliti menggambarkan secara jelas
berdasarkan teknik pengambilan data secara sampling purposive, dimana melakukan wawancara
mendalam dengan informan-informan penelitian. Pengumpulan data primer melalui wawancara
dan observasi dan pengumpulan data sekunder melalui dokumentasi dan literatur ilmiah. Peneliti
menggambarkan bagaimana proses pengembangan sumber daya manusia di PT. Asuransi
Jiwasraya (Persero) Jember Branch Office). Berdasarkan data yang didapatkan, pada awalnya
melakukan reduksi data kemudian penyajian data, dan akhirnya penarikan kesimpulan/verifikasi.
Data pengembangan yang didapatkan berasal dari Seksi Administrasi dan Logistik PT. Asuransi
Jiwasraya (Persero) Jember Branch Office). Data juga didapatkan dalam bentuk literatur
mengenai pengembangan sumber manusia di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Jember Branch
Office).
Dari hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Jember
Branch Office) menerapkan pengembangan sumber daya manusia, baik melalui diklat dan nondiklat.
Pada diklat, terdapat dua jenis diklat, yaitu diklat karyawan/agen baru (preservice
training) dan diklat karyawan/agen tetap/lama (inservice training). Untuk preservice training,
karyawan dan agen baru mendapatkan diklat khusus sebelum memasuki dunia kantor. Untuk
preservice training terdapat dua jenis pelaksanaan diklat, yaitu pelatihan di tempat kerja (on the
job training), dimana manajer dan karyawan/agen lama memberikan pelatihan agar
karyawan/agen baru mengerti bagaimana pekerjaan mereka, bagaimana melaksanakan job
description-nya. Sedangkan yang kedua adalan pelatihan di luar tempat kerja (off the job
training), dimana karyawan/agen baru diberikan pelatihan dari Head Office Jiwasraya, yaitu
diklat orientasi karyawan baru, yang diadakan tiga batch. Selain preservice, terdapat inservice
training, dimana karyawan/agen lama mendapatkan diklat. Hal ini diwajibkan karena dalam
asuransi jiwa terdapat banyak perkembangan, baik melalui teknologi, kepemimpinan, dan lain
sebagainya.