• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Ibu Dalam Mengasuh Anak Tunagrahita (Studi Deskriptif Pada Ibu-Ibu Yang Memiliki Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Bagian C (SLB-C Taman Pendidikan dan Asuhan Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Devi Febrianti_1.pdf (113.9Kb)
    Date
    2014-03-20
    Author
    FEBRIANTI, Devi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana Peran Ibu Dalam Mengasuh Anak Tunagrahita.Ada beberapa cara dalam mengasuh anak yaitu pemberi rasa aman (sumber cinta atau kasih sayang), tempat mencurahkan isi hati, pendidikan segi emosional, penyimpan tradisi. Sedangkan pengembangan untuk mengasuh anak tunagrahita yaitu dengan cara mendemonstrasikan, memfasilitasi, memotivasi, mengevaluasi, bahkan menjadi mediator bagi anak tunagrahita tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian deskriptif..Arah penelitian ini mendeskripsikan peran ibu dalam mengasuh anak tunagrahita, baik dirumah maupun di sekolah.Metode analisa yang digunakan berdasarkan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tahapan - tahapan peran ibu sebagai pemberi rasa aman (sumber cinta atau kasih sayang), tempat mencurahkan isi hati, pendidikan segi emosional, penyimpan tradisi.yang dilakukan ibu dalam mengasuh anak tunagrahita penulis dapatkan dari penelitian yang telah penulis lakukan dan analisis dengan metode demonstrasi, fasilitator, motivator, evaluator, dan mediator penulis dapat mengklasifikasikan bahwa peran ibu dalam mengasuh anak tunagrahita dapat dipandang sebagai metode pemberdayaan yang tergolong sebagai strategi Pengembangan kemampuan anak tunagrahita pada saat bergaul dengan anak-anak normal, dengan masyarakat, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal mereka, peran tersebut dapat pula membantu anak tunagrahita untuk mendapatkan kesejahteraan anak pada umumnya walaupun dengan kekurangan yang dimilikinya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56039
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5688]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository