• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Wulandari Budi Asriningtyas_1.pdf (149.1Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Wulandari Budi Asriningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan temuan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014, dan (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara setelah diterapkan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan metode picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014, dan (2) meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK model spiral Hopkins dengan tahapan perencanaan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penerapan metode picture and picture untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember dilakukan sesuai sintaks dari metode ini. Keberhasilan penerapan metode juga ditunjang dengan kegiatan diskusi, pemberian bimbingan dan contoh oleh guru, pemberian reward, serta pengaturan giliran maju untuk menjelaskan petunjuk penggunaan alat. Selain itu, kriteria penilaian (aspek kebahasaan dan nonkebahasaan) juga dijelaskan kepada siswa sehingga siswa dapat menunjukkan keterampilan berbicaranya dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan metode picture and picture. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata penguasaan aspek keterampilan berbicara siswa. Rata-rata pada prasiklus sebesar 58,6% dan pada siklus I meningkat sebesar 13,8% sehingga menjadi 71,4%. Pada siklus II terjadi peningkatan 6,8% dari siklus I, sehingga menjadi 78,2%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara menjelaskan petunjuk penggunaan alat pada siswa kelas IV B SDN Sumbersari 03 Jember. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya metode picture and picture dapat dioptimalkan penggunaannya dengan memahami pelaksanaan, kelebihan, maupun kelemahannya dalam pembelajaran sehingga dapat memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56034
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository