MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Berdasarkan temuan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode picture and picture yang dapat
meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember
tahun pelajaran 2013/2014, dan (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan
berbicara setelah diterapkan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN
Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan rumusan masalah
tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan metode
picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV
SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014, dan (2) meningkatkan
keterampilan berbicara melalui penerapan metode picture and picture pada siswa
kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun
pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK model spiral Hopkins dengan
tahapan perencanaan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi.
Penerapan metode picture and picture untuk meningkatkan keterampilan
berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember dilakukan sesuai sintaks dari
metode ini. Keberhasilan penerapan metode juga ditunjang dengan kegiatan diskusi,
pemberian bimbingan dan contoh oleh guru, pemberian reward, serta pengaturan
giliran maju untuk menjelaskan petunjuk penggunaan alat. Selain itu, kriteria
penilaian (aspek kebahasaan dan nonkebahasaan) juga dijelaskan kepada siswa
sehingga siswa dapat menunjukkan keterampilan berbicaranya dengan baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan
berbicara siswa setelah diterapkan metode picture and picture. Hal ini dapat diketahui
dari rata-rata penguasaan aspek keterampilan berbicara siswa. Rata-rata pada
prasiklus sebesar 58,6% dan pada siklus I meningkat sebesar 13,8% sehingga menjadi
71,4%. Pada siklus II terjadi peningkatan 6,8% dari siklus I, sehingga menjadi 78,2%.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture dapat
meningkatkan keterampilan berbicara menjelaskan petunjuk penggunaan alat pada
siswa kelas IV B SDN Sumbersari 03 Jember. Saran yang dapat diberikan yaitu
hendaknya metode picture and picture dapat dioptimalkan penggunaannya dengan
memahami pelaksanaan, kelebihan, maupun kelemahannya dalam pembelajaran
sehingga dapat memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.