PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN JEMBER LOR 02 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Tempat penelitian dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember. Responden yang diambil yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri
dari 36 siswa dari kelas VA dan 36 siswa dari kelas VB. Jumlah seluruh siswa kelas
V kurang dari 100, maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Sebelum
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas
berdasarkan nilai pre-test pokok bahasan cara tumbuhan hijau membuat makanan.
Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 0,586 selanjutnya harga
dikonsultasikan dengan dengan harga dengan = 1 dan = 70 pada
taraf signifikansi 5%. Nilai dengan = 70 memiliki harga 1,994. Hasil
tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa
sebelum dilakukan penelitian homogen. Selanjutnya, kelas dipilih dengan melakukan
pengundian sehingga didapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB
sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh
dengan metode tes merupakan data utama dalam penelitian ini. Nilai post-test dan
pre-tes siswa dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t.
Pengujian hipotesis menyatakan jika > dengan taraf signifikansi
5% maka ditolak dan sebaliknya jika < dengan taraf signifikansi
5% maka diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh =
3,551 , kemudian dikonsultasikan dengan dengan db = 70, pada taraf
signifikansi 5% menghasilkan = 1,994 sehingga dapat dinyatakan >
dengan demikian hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( )
diterima yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran model kooperatif tipe STAD
(Student Teams Achievement Divisions) dengan alat percobaan sederhana terhadap
hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jember Lor 02 Jember tahun ajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan pada pembelajaran model kooperatif tipe STAD (Student Teams
Achievment Divisions) dengan alat percobaan sederhana terhadap hasil belajar IPA
siswa kelas V SDN Jember Lor 02 Jember tahun ajaran 2013/2014. Pembelajaran
model kooperatif tipe STAD dengan alat percobaan sederhana diharapkan dapat
menjadi alternatif guru dalam pembelajaran. Selain itu, dapat dilakukan penelitian
lanjutan tentang penerapan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan alat
percobaan sederhana.