• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN JEMBER LOR 02 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    NUR FARDIANAH_1.pdf (218.4Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Nur Fardianah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tempat penelitian dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Responden yang diambil yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 36 siswa dari kelas VA dan 36 siswa dari kelas VB. Jumlah seluruh siswa kelas V kurang dari 100, maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas berdasarkan nilai pre-test pokok bahasan cara tumbuhan hijau membuat makanan. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 0,586 selanjutnya harga dikonsultasikan dengan dengan harga dengan = 1 dan = 70 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan = 70 memiliki harga 1,994. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian homogen. Selanjutnya, kelas dipilih dengan melakukan pengundian sehingga didapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh dengan metode tes merupakan data utama dalam penelitian ini. Nilai post-test dan pre-tes siswa dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t. Pengujian hipotesis menyatakan jika > dengan taraf signifikansi 5% maka ditolak dan sebaliknya jika < dengan taraf signifikansi 5% maka diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 3,551 , kemudian dikonsultasikan dengan dengan db = 70, pada taraf signifikansi 5% menghasilkan = 1,994 sehingga dapat dinyatakan > dengan demikian hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan alat percobaan sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jember Lor 02 Jember tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) dengan alat percobaan sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jember Lor 02 Jember tahun ajaran 2013/2014. Pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan alat percobaan sederhana diharapkan dapat menjadi alternatif guru dalam pembelajaran. Selain itu, dapat dilakukan penelitian lanjutan tentang penerapan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan alat percobaan sederhana.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56027
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository