dc.description.abstract | Aktivitas belajar siswa setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum
Teaching dengan media video pembelajaran IPA menunjukkan kenaikan. Pada siklus 1
setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video
pembelajaran IPA presentase aktivitas belajar siswa sebesar 76,35% . Presentase
tersebut masuk dalam kategori aktif. Selanjutnya pada siklus 2 didapatkan
penghitungan presesntase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 87,83 %.
Terdapat kenaikan aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 11,48%. Presentase
hasil belajar pada siklus satu sebesar 51,35%. Presentase tersebut masih masuk dalam
kriteria sedang, sehingga peneliti melakukan berbagai refleksi untuk kegiatan siklus II.
Hasilnya, pada siklus 2 mendapatkan hasil yang signifikan. Presentase hasil belajar
siswa secara klasikal yaitu sebesar 94,59% atau naik sebesar 43,24% dari siklus 1. Nilai
tersebut sudah masuk dalam kategori sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: a) Aplikasi Model Pembelajaran Quantum
Teaching dengan media video pembelajaran IPA pada pokok bahasan daur hidup
hewan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 02
Tahun Pelajaran 2013/2014. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus 1
sebesar 76,35% dan pada siklus 2 naik menjadi 87,83 %; b) Aplikasi Model
Pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA pada pokok
bahasan daur hidup hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Sumbersari 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa secara klasikal pada
siklus 1 sebesar 51,35% dan pada siklus 2 naik menjadi 94,59%. | en_US |