APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 02 JEMBER
Abstract
Aktivitas belajar siswa setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum
Teaching dengan media video pembelajaran IPA menunjukkan kenaikan. Pada siklus 1
setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video
pembelajaran IPA presentase aktivitas belajar siswa sebesar 76,35% . Presentase
tersebut masuk dalam kategori aktif. Selanjutnya pada siklus 2 didapatkan
penghitungan presesntase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 87,83 %.
Terdapat kenaikan aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 11,48%. Presentase
hasil belajar pada siklus satu sebesar 51,35%. Presentase tersebut masih masuk dalam
kriteria sedang, sehingga peneliti melakukan berbagai refleksi untuk kegiatan siklus II.
Hasilnya, pada siklus 2 mendapatkan hasil yang signifikan. Presentase hasil belajar
siswa secara klasikal yaitu sebesar 94,59% atau naik sebesar 43,24% dari siklus 1. Nilai
tersebut sudah masuk dalam kategori sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: a) Aplikasi Model Pembelajaran Quantum
Teaching dengan media video pembelajaran IPA pada pokok bahasan daur hidup
hewan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 02
Tahun Pelajaran 2013/2014. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus 1
sebesar 76,35% dan pada siklus 2 naik menjadi 87,83 %; b) Aplikasi Model
Pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA pada pokok
bahasan daur hidup hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Sumbersari 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa secara klasikal pada
siklus 1 sebesar 51,35% dan pada siklus 2 naik menjadi 94,59%.