Show simple item record

dc.contributor.authorEllysa Dwi Santika
dc.date.accessioned2014-03-19T01:24:27Z
dc.date.available2014-03-19T01:24:27Z
dc.date.issued2014-03-19
dc.identifier.nimNIM100210204112
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56018
dc.description.abstractDi MI Shibyanul Islamiyah Jember masih banyak siswa yang mendapat skor yang rendah. Oleh karena itu peneliti menerapkan peta konsep dengan media gambar yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil observasi awal di MI Shibyanul Islamiyah kelas V, tidak adanya media yang dipakai oleh guru dalam pembelajaran PKn. Masalah ini disebabkan (1) kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran PKn, (2) materi yang diajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, (3) siswa kurang antusias. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar karena dengan model pembelajaran dan media gambar tersebut siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran PKn pokok bahasan upaya – upaya dalam menjaga keutuhan NKRI di MI Shibyanul Islamiyah Jember, (2) bagaimanakah penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar dapat meningkatkan hasl belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran PKn pokok bahasan upaya – upaya dalam menjaga keutuhan NKRI di MI Shibyanul Islamiyah Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran PKn pokok bahasan upaya – upaya dalam menjaga keutuhan NKRI melalui penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar di MI Shibyanul Islamiyah Jember, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran PKn pokok bahasan upaya – upaya dalam menjaga keutuhan NKRI melalui penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar di MI Shibyanul Islamiyah Jember. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V MI Shibyanul Islamiyah tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 12 siswa yang terdiri atas 7 laki-laki dan 5 perempuan. Sumber data yaitu guru kelas V dan siswa kelas V MI Shibyanul Islamiyah. Jenis penelitian adalah PTK dan teknik memperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi, waawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar secara klasikal yaitu sebesar 58,33% dan mengalami peningkatan sebesar 27,09 sehingga pada siklus 2 menjadi 85,42%. Hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar secara klasikal yaitu sebesar 66,66% dan mengalami peningkatan sebesar 33,34 sehingga pada siklus 2 menjadi 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar berjalan dengan lancar. Penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V MI Shibyanul Islamiyah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan peta konsep dengan media gambar dalam melaksanakan pembelajaran PKn dengan baik dan benar. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kebaikan hingga akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204112;
dc.subjectPeta Konsep, Media Gambaren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN UPAYA – UPAYA DALAM MENJAGA KEUTUHAN NKRI DI MI SHIBYANUL ISLAMIYAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record