PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PETA KONSEP DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN UPAYA – UPAYA DALAM MENJAGA KEUTUHAN NKRI DI MI SHIBYANUL ISLAMIYAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Di MI Shibyanul Islamiyah Jember masih banyak siswa yang mendapat
skor yang rendah. Oleh karena itu peneliti menerapkan peta konsep dengan media
gambar yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Hasil observasi awal di MI Shibyanul Islamiyah kelas V, tidak adanya
media yang dipakai oleh guru dalam pembelajaran PKn. Masalah ini disebabkan
(1) kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran PKn, (2) materi yang diajarkan
kurang mengacu pada pengalaman siswa, (3) siswa kurang antusias. Oleh karena
itu diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa melalui penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar
karena dengan model pembelajaran dan media gambar tersebut siswa dapat aktif
dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)
bagaimanakah penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar
dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran PKn
pokok bahasan upaya – upaya dalam menjaga keutuhan NKRI di MI Shibyanul
Islamiyah Jember, (2) bagaimanakah penerapan model pembelajaran peta konsep
dengan media gambar dapat meningkatkan hasl belajar siswa kelas V dalam mata
pelajaran PKn pokok bahasan upaya – upaya dalam menjaga keutuhan NKRI di
MI Shibyanul Islamiyah Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran PKn pokok
bahasan upaya – upaya dalam menjaga keutuhan NKRI melalui penerapan model
pembelajaran peta konsep dengan media gambar di MI Shibyanul Islamiyah
Jember, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran
PKn pokok bahasan upaya – upaya dalam menjaga keutuhan NKRI melalui
penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media gambar di MI
Shibyanul Islamiyah Jember.
Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V MI Shibyanul Islamiyah tahun
pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 12 siswa yang terdiri atas 7 laki-laki dan 5
perempuan. Sumber data yaitu guru kelas V dan siswa kelas V MI Shibyanul
Islamiyah. Jenis penelitian adalah PTK dan teknik memperoleh data dalam
penelitian ini adalah observasi, waawancara, tes, dan dokumentasi. Desain
penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data
yang digunakan adalah kualitatif.
Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran peta konsep dengan media gambar secara klasikal yaitu
sebesar 58,33% dan mengalami peningkatan sebesar 27,09 sehingga pada siklus 2
menjadi 85,42%.
Hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran peta konsep dengan media gambar secara klasikal yaitu sebesar
66,66% dan mengalami peningkatan sebesar 33,34 sehingga pada siklus 2 menjadi
100%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran peta
konsep dengan media gambar berjalan dengan lancar. Penerapan model
pembelajaran peta konsep dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas V MI Shibyanul Islamiyah. Berdasarkan hasil
penelitian maka dapat diberikan saran, Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan
peta konsep dengan media gambar dalam melaksanakan pembelajaran PKn
dengan baik dan benar. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat mengembangkan
penelitian untuk menemukan hasil baru dan mengarah pada kebaikan hingga
akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.