PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN DEPOT SARI ASIH SITUBONDO TAHUN 2013
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh dari kualitas
pelayan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen depot Sari Asih
Situbondo dan 2) Untuk nengetahui diantara kualitas pelayan, kualitas produk, dan
harga yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen Depot Sari
Asih Situbondo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan
dengan menggunakan metode Purposive Area yang dilaksanakan di Depot Sari Asih
Situbondo dan penentuan responden penelitian menggunakan Accidental Sampling.
Teknik pengmpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini sebelumnya diuji dengan
menggunakan uji Validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis deskriptif dan inferensial (uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier
berganda, uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan
menggunakan program SPSS 18,00 for windows).
Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan = -9,684 +
0,358X1 + 0,132X2 + 0,238X3 + ei dengan R2 (R square) sbesar 0,784. Uji F
diperoleh hasil Fhitung sebesar 55,771 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu
sebesar 2,807 dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu Fhitung > Ftabel maka Ho
ditolah dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas (Kualitas
Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga) secara simultan memiliki pengaruh terhadap
kepuasaan konsumen Depot Sari Asih Situbondo Tahun 2013. Besarnya pengaruh
tersebut sebesar 78,4%. Sedangkan secara parsial, kualitas pelayanan memiliki
pengaruh sebesar 51,939%, kualitas produk sebesar 10,976%, dan harga sebesar
15,516%.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1)
kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga berpengaruh terhadap kepuasaan
konsumen Depot Sari Asih Situbondo Tahun 2013 sebesar 78,4% dan 2) kualitas
pelayanan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasaan konsumen
Depot Sari Asih Tahun 2013 sebesar 51,939%.