PENGUKURAN KINERJA PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA SOPHIE PARIS BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengukuran Kinerja Pemasaran Dengan
Pendekatan Balanced Scorecard Pada Sophie Paris Banyuwangi”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kinerja Sophie Paris Banyuwangi dari perspektif
keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis dan perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
karyawan yang masih aktif berkerja di Sophie Paris Banyuwangi dan seluruh
pelanggan Sophie Paris Banyuwangi, dengan jumlah responden sebanyak 40
orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis Balanced Scorecard. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Kinerja perspektif keuangan : Return on
Invesment pada Sophie Paris Banyuwangi mengalami penurunan dari periode
tahun sebelumnya dan Profit Margin pada Sophie Paris Banyuwangi mengalami
penurunan dari periode tahun sebelumnya; Kinerja perspektif pelanggan : Tingkat
kepuasan pelanggan pada Sophie Paris Banyuwangi telah menunjukkan adanya
rasa kepuasan pelanggan dan profitabilitas pelanggan pada Sophie Paris
Banyuwangi mengalami penurunan dari periode tahun sebelumnya; Kinerja
perspektif proses internal bisnis : Inovasi produk pada Sophie Paris Banyuwangi
mengalami peningkatan dari periode tahun sebelumnya dan layanan purna jual
(keluhan pelanggan) pada Sophie Paris Banyuwangi mengalami penurunan dari
periode tahun sebelumnya. Kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan :
Produktivitas karyawan pada Sophie Paris Banyuwangi mengalami penurunan
dari periode tahun sebelumnya dan tingkat kepuasan karyawan pada Sophie Paris
Banyuwangi telah menunjukkan adanya rasa kepuasan karyawan.