dc.description.abstract | Seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman, kebutuhan
masyarakat akan teknologi komunikasi dan informasi semakin mengalami
kemajuan yang pesat. Telekomunikasi merupakan sesuatu yang sangat penting di
masyarakat dalam berkomunikasi serta memperoleh informasi. Inovasi teknologi
menjadi salah satu kunci di dalam menarik konsumen yang tentu saja harus
diimbangi dengan harga yang kompetitif. Tetapi ketika semua operator
mengandalkan inovasi ini, maka kunci kemenangan tidak hanya ditentukan oleh
teknologi. Akhirnya, pelayanan kepada konsumen dan kecerdasan manajemen
dalam membuat strategi dan membaca pasar menjadi faktor penting, tidak hanya
untuk menguasai pasar tetapi juga mempertahankan kelangsungan bisnis di
industri telekomunikasi. Salah satu operator telekomunikasi di indonesia adalah
smartfren. Smartfren memberikan fasilitas layanan Galery Smartfren untuk
pelanggan Smartfren, yang menyediakan layanan purna jual produk-poduk
Smartfren, memberikan informasi produk, pembayaran tagihan paska bayar dan
juga penjualan produk-produk Smartfren.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kualitas
layanan terhadap kepuasan konsumen galery smartfren jember. Sampel yang di
pilih sebanyak 108 responden yang berusia diatas 17 tahun dan sudah merasakan
layanan dari galery smartfren Jember. Teknik pengambilan sampelnya adalah
dengan purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian penjelasan
(explanatori research) Metode analisis data menggunakan Confirmatory Factor
Analisis. Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa variabel
keandalan, empati, dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen pada galery Smartfren Jember. | en_US |