ANALISIS ENJOYMENT, EASE OF ACCESS, USEFULNESS, SOCIAL INFLUENCE, DAN MOBILE SHOPPING INTENTION PRODUK BLACKBERRY DI KOTA JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk pengaruh antara enjoyment, ease of access, usefulness dan
social influence terhadap attitude on mobile shopping menggunakan teknologi ponsel
BB. Penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research. Populasi dalam
penelitian ini adalah pengguna ponsel cerdas merek BlackBerry yang tergabung
dalam anggota mailing list masyarakat perkotaan Kabupaten Jember yang meliputi
Kecamatan Sumbersari, Patrang, dan Kaliwates. Metode pengambilan sampelnya
menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan
sebesar 115 orang. Metode analisis data menggunakan uji instrumen, uji normalitas
data dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel enjoyment
berpengaruh signifikan attitude on mobile shopping. Variabel ease of access
berpengaruh signifikan attitude on mobile shopping. Usefulness berpengaruh
signifikan attitude on mobile shopping. Variabel social influence berpengaruh
signifikan attitude on mobile shopping. Variabel enjoyment berpengaruh signifikan
mobile shopping intention. Variabel ease of access berpengaruh signifikan mobile
shopping intention. Variabel usefulness berpengaruh signifikan mobile shopping
intention. Variabel social influence berpengaruh signifikan mobile shopping
intention.