ANALISIS PEMETAAN PRODUCT POSITIONING KARTU SELULER AS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pemetaan Product Positioning Kartu Seluler AS Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peta positioning kartu seluler merek AS menurut persepsi konsumen di Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan kartu seluler merek AS di Kabupaten Jember dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 5 variabel. Alat analisis yang digunakan adalah MDS (Multi Dimensional Scalling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peta positioning menunjukkan atribut harga dan proses merupakan atribut yang dipersepsikan berbeda atau tidak memiliki kemiripan antara kartu seluler merek AS dengan para pesaingnya, sedangkan atribut produk, promosi dan orang merupakan atribut yang dipersepsikan sama atau memiliki kemiripan antara kartu seluler merek AS dengan para pesaingnya.