Show simple item record

dc.contributor.authorIRMA YUNI ANTIKA
dc.date.accessioned2013-12-06T03:23:08Z
dc.date.available2013-12-06T03:23:08Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204107
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5585
dc.description.abstractPenelitian dilakukan di SDN Mangli 01 Jember. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan metode populatif yaitu seluruh siswa kelas III B yang berjumlah 32 siswa dengan jenis kelamin laki-laki 20 orang dan perempuan 12 orang. Desain penelitian ini adalah model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan tahapan tiap siklus yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus pembelajaran. Sliklus II sebagai perbaikan dari siklus I. Tiap siklus pembelajaran terdiri atas 3 kali pertemuan yang diakhiri dengan tes akhir individu pada setiap pertemuan dan pemberian soal evaluasi pada akhir siklus pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas siswa yang diawali dengan penjelasan materi yang menggunakan alat peraga papan berpaku dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam memperoleh data antara lain dengan metode observasi, wawancara, dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kelas daripada pembelajaran ix sebelumnya. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing disertai alat peraga papan berpaku mengalami peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus II mencapai 82,42%. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam menyusun pertanyaan, ketepatan siswa dalam menjawab pertanyaan, serta kerja sama dalam berkelompok. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dan persentase hasil belajar siklus II dapat mencapai 78,12%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan metode Snowball Throwing disertai alat peraga papan berpaku dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang untuk siswa kelas III B semester genap di SDN Mangli 01 Jember tahun ajaran 2010-2011. Penerapan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing disertai alat peraga papan berpaku dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa lebih kreatif dalam berpikir dan berinteraksi dengan temannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204107;
dc.subjectMetode Snowball Throwing, Alat Peraga Papan Berpakuen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS DAERAH PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DISERTAI ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU PADA SISWA KELAS III B DI SDN MANGLI 01 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record