• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS DAERAH PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DISERTAI ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU PADA SISWA KELAS III B DI SDN MANGLI 01 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Irma Y. Antika.pdf (299.7Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    IRMA YUNI ANTIKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilakukan di SDN Mangli 01 Jember. Penentuan subyek penelitian dengan menggunakan metode populatif yaitu seluruh siswa kelas III B yang berjumlah 32 siswa dengan jenis kelamin laki-laki 20 orang dan perempuan 12 orang. Desain penelitian ini adalah model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan tahapan tiap siklus yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus pembelajaran. Sliklus II sebagai perbaikan dari siklus I. Tiap siklus pembelajaran terdiri atas 3 kali pertemuan yang diakhiri dengan tes akhir individu pada setiap pertemuan dan pemberian soal evaluasi pada akhir siklus pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan metode Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas siswa yang diawali dengan penjelasan materi yang menggunakan alat peraga papan berpaku dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam memperoleh data antara lain dengan metode observasi, wawancara, dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kelas daripada pembelajaran ix sebelumnya. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing disertai alat peraga papan berpaku mengalami peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus II mencapai 82,42%. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam menyusun pertanyaan, ketepatan siswa dalam menjawab pertanyaan, serta kerja sama dalam berkelompok. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dan persentase hasil belajar siklus II dapat mencapai 78,12%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan metode Snowball Throwing disertai alat peraga papan berpaku dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang untuk siswa kelas III B semester genap di SDN Mangli 01 Jember tahun ajaran 2010-2011. Penerapan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing disertai alat peraga papan berpaku dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa lebih kreatif dalam berpikir dan berinteraksi dengan temannya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5585
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository