PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN PUZZLE PADA SISWA KELAS V SDN SENDANGREJO 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sendangrejo 2 Kecamatan Bogorejo
Kab. Blora dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8
siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis
penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa aktivitas
siswa selama pembelajaran siklus I dan siklus II terdapat peningkatan aktivitas
siswa. Untuk komponen keaktifan mengalami peningkatan sebesar 25,8%.
Komponen kerjasama mengalami peningkatan sebesar 25,75%. Komponen
berpendapat mengalami peningkatan sebesar 24, 25% dan komponen bertanya
mengalami peningkatan sebesar 18%. Dari hasil tes yang dilakukan siswa pada
siklus I dan II juga terdapat peningkatan baik secara individu maupun klasikal.
Pada siklus I didapat rata-rata hasil belajar sebesar 69,37 dan ketuntasan klasikal
sebasar 68,75%. Sedangkan pada siklus II didapat rata-rata hasil belajar sebesar
75,62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%
Penggunaan media pembelajaran permainan puzzle pada siswa kelas V SDN
Sendangrejo 2 terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari
keberhasilan itu media pembelajaran permaianan puzzle dapat dijadikan salah satu
alternatif bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran di kelas.