dc.description.abstract | Ada lima aspek penilaian dalam pelaksanaan PSG di SMK PGRI 05 Jember
antara lain kedisiplinan, sikap atau etika, pengetahuan, keterampilan, dan kreatifitas.
Aspek penilaian (hasil belajar) disusun sebagai ukuran kesiapan siswa menghadapi
dunia kerja dan merespon minat siswa untuk berwirausaha (Buku Pedoman
Pelaksanaan PSG SMK PGRI 05 Jember). Minat berwirausaha dipengaruhi oleh
faktor; perasaan senang, keinginan (motif), perhatian, lingkungan keluarga atau
masyarakat di mana dia tinggal, serta pengalaman (Natawidjaja 1979:26).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar PSG terhadap
siswa kelas XI PM
SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011. Metode
pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Penarikan
sampel menggunakan purposive sampling, spesifik kepada judgment sampling.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana.
Untuk menguji isntrumen penelitian digunakan uji validitas dan reabilitas. Sedangkan
uji hipotesis menggunakan uji t dan koefesien determinasi R
1
2
Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu; a) hasil uji t menunjukkan variabel
Hasil Belajar (X) t
hitung
> t
(15,704 > 2,02), artinya variabel Hasil Belajar
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat Berwirausaha, dan b)
Hasil uji R
2
tabel
menunjukkan bahwa kemampuan variabel hasil belajar PSG
mempengaruhi varibel minat berwirausaha sebesar 86,6% sisanya dipengaruhi oleh
variabel lain di luar model yang dibuat. | en_US |