• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN TOKOH-TOKOH PENTING DALAM PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Idin Ruspian L..pdf (522.1Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Idin Ruspian Laydi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Penerapan metode bermain peran (role playing) pada pokok bahasan tokoh-tokoh penting dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan di kelas VA SDN Mangli 01 dapat meningkatkan aktivitas siswa, karena melalui metode ini siswa dapat memerankan langsung suatu kejadian atau konsep yang abstrak menjadi konkret, sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi aktif. Hal ini dapat dilihat setelah pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) aktivitas siswa mengalami peningkatan, data observasi aktivitas siswa menunjukkan sebagai berikut : pada siklus I, yaitu 67,34%. Sedangkan hasil persentase aktivitas siswa pada siklus II, yaitu 89,1%; 2) Penerapan metode bermain peran (role playing) di kelas VA SDN Mangli 01 dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena melalui metode bermain peran siswa mengalami langsung suatu konsep yang masih abstrak menjadi konkret sehingga pengetahuan yang didapatkan oleh siswa dengan mudah dapat dimengerti dan juga dapat bertahan lama diingatan siswa dikarenakan siswa mengalaminya secara langsung. Hasil belajar siswa setelah penggunaan metode bermain peran (role playing) pada pelaksanaan pembelajaran siklus 1 secara klasikal sebesar 90,25% dari 41 siswa kelas VA terdapat 37 siswa yang tuntas. Pada tindakan siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan menjadi 100%, dari 43 siswa kelas VA yang mengikuti pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5488
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository