• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI BARATAN 01 JEMBER MELALUI METODE SOSIODRAMA

    Thumbnail
    View/Open
    Ice Rahmawati R..pdf (5.018Mb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    ICE RAHMAWATI RADJIUN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama terlihat adanya suatu peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I ketuntasan klasikal yaitu 70% dan pada siklus II yaitu 97%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus I dan siklus II mengalami suatu peningkatan sebesar 27%. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai tetapi tetap perlu diadakan perbaikan sebagai pemantapan dan penyempurnaan dalam pembelajaran maka pembelajaran dilanjutkan pada siklus II. Setelah siklus II dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai dengan hasil yang sangat memuaskan, sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa kelas VB SD Negeri Baratan 01 Jember. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama membuat siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran karena siswa dituntut untuk berkomunikasi, menghafal, dan mengaktualisasikan diri ke dalam situasi yang dihadapi. Saran yang dapat diberikan yaitu (a) bagi guru, penelitian ini dapat membantu guru dalam mengajar keterampilan berbicara melalui bermain drama, (b) bagi siswa, siswa harus mengikuti pelajaran dengan baik dan selalu berlatih berbicara untuk mengemukakan pendapat atau saran, (c) bagi sekolah, diharapkan sekolah dapat memberikan fasilitas atau media pembelajaran yang menunjang tercapainya pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia, dan (d) bagi peneliti, Penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk menemukan serta mengembangkan sesuatu yang baru yang mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5480
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository