• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JENIS-JENIS SUMBER DAYA ALAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 02 TEGALARUM SEMPU BANYUWANGI TAHUN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Kukuh Dwi Hartanto - 100210204158_1.pdf (405.4Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Kukuh Dwi Hartanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurang optimalnya pembelajaran IPS di SD disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah penggunaan metode yang kurang tepat dalam menumbuhkan aktivitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 2 Tegalarum Sempu Banyuwangi, didapatkan informasi bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan guru masih bersifat konvensional dan monoton, hal ini akan berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam tes pra siklus pada mata pelajaran IPS, ditemukan bahwa siswa yang tuntas dalam belajar ada 10 siswa atau 35,71%, sedangkan siswa yang belum tuntas dalam belajar ada 18 siswa atau 64,29%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tegalarum Sempu Banyuwangi dalam mata pelajaran IPS masih rendah, karena belum memenuhi KKM yang disepakati. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan cara memilih metode pembelajaran yang tepat. Metode Two Stay Two Stray merupakan salah satu metode pembelajaran yang bersifat Student Centre (berpusat pada siswa). Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray adalah suatu pembelajaran yang melibatkan kelompok-kelompok, dalam kelompoknya menggunakan pola dua tinggal dua tamu. Penerapan Teknik Two Stay Two Stray dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 anggota siswa yang heterogen. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menentukan rumusan masalah. Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning teknik two stay two stray (TSTS) pokok bahasan Jenis-Jenis Sumber Daya Alam di kelas IV SDN 2 Tegalarum? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Jenis-Jenis Sumber Daya Alam melalui penerapan model cooperative learning teknik two stay two stray (TSTS) di kelas IV SDN 2 Tegalarum. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Tegalarum Sempu Banyuwangi Tahun Pelajaran 2012/2013. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I secara keseluruhan didapat persentase aktivitas siswa sebesar 69,35%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,60% yaitu dari 69,35% menjadi 80,95%, dalam hal ini aktivitas siswa tergolong aktif. Hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir pada siklus I secara klasikal menunjukkan bahwa dari 28 siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa dan tidak tuntas 12 siswa dengan prosentase sebesar 57,14%. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan secara klasikal dengan prosentase sebesar 25% yaitu dari 57,14% menjadi 82,14% sesuai dengan kriteria ketuntasan, persentase tersebut dapat dikatakan sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dinyatakan selesai. Kesimpulan penelitian ini adalah model Cooperative Learning dengan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tegalarum Sempu Banyuwangi. Saran yang diberikan peneliti adalah untuk melaksanakan strategi pembelajaran yang bersifat Student Centre maka guru dapat memilih Metode Two Stay Two Stray dalam proses belajar mengajar agar hasil belajar yang diperoleh dapat lebih optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5473
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository